Monday, December 21, 2009

Seandainya Aku Skateboarder Professional

- Surabaya Menjadi Taman Bermain Skateboard-ku -
 
Seandainya aku skateboarder professional, aku akan membangun fasilitas bermain skateboard sebanyak-banyaknya. Itu harus aku lakukan!!! Bagaimana mana mungkin aku bisa menjadi skateboarder professional kalau tidak didukung dengan fasilitas yang memadai? Bukankah dalam mengembangkan suatu keahlian dan kemampuan tidak sekedar dibutuhkan kemauan dan bakat saja, tetapi dukungan secara moril dan materiil berupa sarana dan prasarana mutlak dibutuhkan.
Aku akan membangun fasilitas yang terbaik, yaitu skate park yang ideal, bukan hanya itu aku akan membangun *spot-spot  yang banyak dan beragam. Aku tidak ingin melihat atau mendengar lagi para skateboarder kebingungan mencari tempat berlatih, bermain dan *check spot, mengeluh ketika akan melakukan check spot, aku tidak mau lagi satpam atau polisi mengusir dan memarahi skateboarder ketika check spot karena dianggap berbahaya, mengganggu fasilitas umum bahkan merusak, dll.
Seandainya aku skateboarder professional aku akan menawarkan konsep pembangunan kota yang *skateable, mulai dari fasilitas umum seperti taman-taman kota, trotoar tempat pejalan kaki, tempat sampah di sepanjang jalan, pot bunga yang menghiasi pinggiran jalan, halte bus, tempat parkir umum, dll. Jika nantinya fasilitas yang akan dibangun memang benar-benar untuk masyarakat umum, para skateboarder  juga dapat menggunakannya tanpa harus mengesampingkan pengguna yang lain.
Ketika aku menjumpai tempat parkir di mall-mall besar yang memiliki floor yang halus, aku akan membangun pembatas parkir yang berupa *rail dari besi atau berupa *ledge yang terbuat dari concrete dengan diberi besi siku di pinggirannya. Ketika aku berjalan di trotoar dengan floor yang sangat skateable di pinggir jalan-jalan utama kota Surabaya, akan kubangun beberapa tempat duduk (bangku panjang) yang terbuat dari kayu dengan besi siku dipinggirnya, kubangun beberapa tempat sampah yang berbentuk menyerupai *box, *kickers, *mini ramp, *barier, dll. Akan kubangun juga pot-pot bunga dengan bahan concrete dengan pinggiran besi siku, serta akan kusediakan beberapa hydrant di sepanjang trotoar. Sehingga menjadi sebuah spot yang bisa digunakan bermain skateboard tanpa mengurangi fungsi dan tujuan awalnya, serta tidak perlu kuatir terjadi kerusakan karena sudah didesain dari awal fungsi dan kegunaannya berkaitan dengan skateboard.
Pembangunan saat ini sedang trend dengan ruang-ruang publik yang banyak memberikan fasilitas untuk masyarakat. Kini banyak taman-taman kota dilengkapi dengan fasilitas wifi untuk ber-internet-an, juga memiliki banyak bangku-bangku dan meja untuk piknik atau sekedar bersantai dengan keluarga. Banyak mall-mall baru bermunculan dan sedang dalam proses pembangunan, lahan-lahan parkir yang mereka sediakan juga semakin luas. Saat ini juga sedang marak dibangun trotoar yang cukup lebar di pinggir jalan-jalan utama kota Surabaya dengan floor keramik yang ini sangat skateable buatku. Sungguh semua itu merupakan wujud derap langkah sang pembangunan yang tiada berhenti.
Untuk itu aku sebagai seorang skateboarder professional yang sudah memiliki kekayaan berlimpah, aku akan menawarkan dan mendanai konsep pembangunan dengan tanpa mengurangi maksud dan tujuan pembangunan itu sendiri, fasilitas tetap berfungsi dan bermanfaat tetapi bisa mengakomodir kebutuhan para skateboarder hingga akhirnya kotaku Surabaya menjadi taman bermain skateboard-ku. (ditulis oleh www.afietadi.web.id dan foto oleh Iput)

2 comments:

  1. bener iku mak.. sip sip..
    seandainya dinas kebersihan dan pertamanan kota surabaya koyok awakmu kabeh lak manteb…

    ReplyDelete